Blog optimization, Tips and SEO Articles

Pengertian dan Fungsi SEO

Share on :

Pengertian dan Fungsi SEO

Arti SEO, Fungsi SEO &Teknik SEO
SEO (search engine optimatization) atau optimasi mesin pencari merupakan serangkaian teknik yang dilakukan seseorang terhadap web atau blog untuk memperbaiki atau meningkatkan rangking atau urutan hasil pencarian yang dilakukan oleh search engine atau mesin pencari dengan mengoptimalkan keyword yang dimiliki website atau blog dengan melakukan meta-tag.




Optimisasi mesin pencari (bahasa InggrisSearch Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (sumber : id.wikipedia.com)


Ada 5 meta tag utama yang harus dioptimalkan agar website atau blog memiliki SEO yang baik atau sering disebut Meta tag SEO Freindly, yaitu : Tittle Tag, Meta Description, Img Alt Tag dan Body Talk. Namaun yang sangat perlu diketahui tidak semua teknik SEO itu aman karena search engine memiliki kemampuan untuk mendeteksi teknik-teknik SEO yang nakal yang digunakan dalam upaya menaikkan posisi atau pagerank dari sebuah website. Teknik nakal tersebut terkenal dengan istilah Black Hat SEO seperti Page Cloaking, Img Alt Tag dan ini merupakan serangkai teknik yang dilakukan untuk membohongi search engine agar website atau blog dapat menempati urutan terbaik dalam search engine.

Apalah artinya apabila website atau blog yang kita claim menduduki peringkat bergengsi akan tetapi menggunakan teknik-teknik nakal tersebut, yang jelas sekarang bagaimana kita meningkatkan website atau blog menggunakan teknik yang baik  yang terkenal dengan sebutan White Hat SEO atau Teknik Natural SEO yaitu serangkaian teknik dalam mengoptimalisasi keyword melalui ke 5 tag diatas. Tapi harus diingat pula bahwa untuk meningkat SEO itu tidak hanya pengoptimalisasi Tag saja, akan tetapi memiliki content yang berkwalitas dan unik memiliki peran yang signifikan dalam upaya SEO.

Pemahaman terhadap SEO setidaknya harus kita ketahui agar rencana aktualisasi website atau blog yang kita claim dapat memnuhi tujuan utamanya. Sehingga kita tidak melebar jauh untuk menggunakan teknik SEO mana yang akan digunakan. Seperti kita ketahui seorang master selalu memanfaatkan teknik SEO untuk mengambil banyak manfaat dari websitenya dalam dalam mengelola jaringan pemasaran global atau internet marketing.

SEO Onpage
Serangkaian teknik SEO dalam mengoptimalkan website atau blog dengan content yang berkwalitas dan unik atau content yang seo freindly, yang mengikuti ketentuan search engine agar mudah dilacak dengan keyword yang digunakan pencari informasi menggunakan menggunakan internet melalui search engine.

Dengan teknik yang satu ini membuat para sobat super blogger berlomba-lomba untuk membuat content yang berkwalitas, unik untuk memberi informasi kepada pengunjung website atau blog sehingga mereka merasa terpenuhi keinginannya atas informasi tersebut.

SEO Offpage
Serangkaian teknik SEO dalam mengoptimalkan website atau blog dengan cara menempatkan link  yang ditujukan k ewebsite atau blog kita diwebsite atau blog milik orang lain atau yang lebih dikenal dengan istilah Backlink atau Link balik.


Jadi membangun backlink itu terkadang susah, karena sifatnya harus saling menguntungkan, nah yang lebih repot bagaimana kita membuat backlink dengan website atau blog yang memiliki PR yang tinggi. 


OK para sobat super bloger, semoga info ini ada manfaatnya, trims



Related Post:

3 komentar on Pengertian dan Fungsi SEO :

berbagi info said... Reply Comment November 26, 2012 at 7:02 PM

artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih banyak masukannya mas

Anonymous said... Reply Comment June 19, 2013 at 1:41 AM

We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
Your web site provided us with helpful information to work on.

You've done an impressive job and our whole community can be thankful to you.

my weblog: free music downloads

Unknown said... Reply Comment July 13, 2014 at 8:59 PM

Thanks pak atas infonya. Lam kenal dari sang pemula

Post a Comment and Don't Spam!